PERKEMBANGAN PASAR DESA KALIMAS

img20161123095734-1_768x1024

Pada Awalnya Pasar Kalimas merupakan pasar mingguan yang keadaan pasarnya juga masih bersifat sederhana yang beraktifitas hanya pada hari Rabu saja atau satu minggu satu kali

Pembangunan Pasar Desa Kalimas ini terlaksana melalui PNPM Mandiri Perdesaan TA. 2014 menelan anggaran sebesar Rp. 319.419.900 dengan ukuran pasar 49 x 13 M2 berbentuk Los Pasar. Kegiatan ini masih merupakan peningkatan dari kegiatan sebelumnya di tahun 2013  Desa Kalimas mendapatkan anggaran Rp. 327.377.700,- pembangunan pasar ditujukan agar para pedagang setempat yang biasa berdagang dilokasi pasar lama mingguan Desa Kalimas mendapatkan tempat baru yang lebih layak untuk menjajakan dagangannya. Setelah selesai dibangun tahun lalu, seiring dengan waktu jumlah pedagang semakin bertambah, yang awalnya hanya berkisar sekitar 40 lapak pedagang kemudian meningkat menjadi sekitar 120 lapak pedagang. Dan sekarang setelah pembangunannya dilanjutkan pada tahun 2014 ini maka total pedagang yang akan menggunakan lapak menjadi sektar 200 lapak pedagang dengan jenis dagangan yang semakin beragam.

Pasar Desa Kalimas Hasil Dari kegiatan PNPM Mandiri perdesaan TA. 2013.

Kondisi ini walaupun merupakan petunjuk awal yang baik dari menggeliatnya ekonomi Pasar Desa namun disisi lain juga cukup merepotkan pihak pengelola pasar. Hal ini disebabkan karena semakin tingginya permintaan Los pasar oleh pedagang untuk berjualan namun disisi lain daya tamping pasar masih tetap belum mencukupi. Melihat situasi yang terjadi ini maka atas inisiatif Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato melalui Dinas Perindustrian, perdagangan dan koperasi membangun tambahan satu unit Los Pasar yang terdiri 15 ruang untuk pedagang Sembilan bahan pokok. Diharapkan dengan dibangunnya tambahan los oleh Dinas permasalahan pedagang dapat teratasi.

Selang dua tahun (2015 – 2016) pembangunan petak pasar yang diperuntukan bagi pedagang sebanyak 10 unit petak, dengan terbentuknya BUMDesa maka kini pengelolaan Pasar telah diambil alih oleh BUMDesa Kalimas NURIZQI maka untuk selanjutnya sebagai perencanaan awal BUMDesa berupaya membangunan tempat parkiran Motor dan Pasar Hewan agar jalannya Roda Perekonomian Di Desa Kalimas dapat terus berkembang.

About kalimas 132 Articles
NURKHOLISH ABDUH, S.Pd.I

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan