POTENSI PENGEMBANGAN TERNAK SAPI BALI DI DESA KALIMAS KECAMATAN TALUDITI KABUPATEN POHUWATO

img_20161125_095914_800x450

POTENSI WILAYAH DAN FAKTOR PENDUKUNG KEBERHASILAN PENGEMBANGAN

  1. Daya dukung Sumber Daya Ternak

 

Dalam perjalanan waktu hampir beberapa tahun pengembangan Sapi Bali tetap Eksis di Desa Kalimas. Hal ini menunjukan bahwa sapi bali sudah sesuai dan cocok (adaptif) dengan kondisi agro ekosistem di Desa Kalimas dan masyarakat kalmias juga mayoritas memiliki sapi dengan jenis Bali.

 

  1. Daya dukung Sumber Daya Manusia

 

Secara tradisional ternak merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari system usaha tani yang tidak terpisahkan dengan kehidupan petani. Perilaku seperti ini tidak lepas dari tujuan petani memelihara sapi yaitu sebagai tabungan (yang paling utama), sebagai tenaga kerja pegolahan lahan, sebagai sumber penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari atau yang sifatnya jangka panjang dan kebutuhan setengah tahun (penggemukan) serta alasan-alasan lain. Sebagian besar petani di Desa Kalimas memelihara ternak Sapi dengan baik dan kepemilikan rata-rata berkisar 2 – 7 ekor.

 

  1. Daya dukung ketersediaan pakan

Beberapa potensi sumber daya yang terdapat di Desa Kalimas salah satunya dilihat dari ketersediaan pakan hijauan dari padang rumput sekitar areal pertanian serta limbah pertanian (jerami) yang cukup banyak karena memang persawahan di Desa Kalimas cukup luas. Selain itu potensi hasil lainnya dari tanaman pangan juga sebagai sumber pakan, jerami jagung, bungkil singkong, kelapa dan kulit kakao yang juga tersedia sepanjang tahun.

Jenis pakan penguat seperti dedak padi, ampas tahu dan juga jagung mudah diperoleh melalui penggilingan padi dan pabrik-pabrik tahu yang ada atau dapat dibeli di pasar, atau secara manual petani juga bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar masyarakat

 

  1. Dukungan ketersediaan teknologi

Teknologi untuk mendukung pengembangan agribisnis sapi bali cukup tersedia, baik untuk pembibitan maupun penggemukan baik berupa paket teknologi maupun komponen teknologi. Perkembangan teknologi informasi yang semakin merambah wilayah perdesaan di tanah air memudahkan petani untuk mengakses teknologi dan inovasi-inovasi yang memberikan manfaat bagi usaha tani.

 

  1. Permintaan Pasar

Pasar untuk sapi sangat baik, permintaan dari konsumen lokal maupun antar pula uterus meningkat, ditingkatan lokalan desa yang menjadi rutinitas penyembelihan hewan kurban permintaan sapi selalu meningkat

 

  1. Permintaan Pasar Faktor pendukung lainnya
  • Keamanan Ternak

Pemeliharaan ternak selama di desa dilakukan oleh peternak dengan membuat kandang secara kelompok yang berdekatan dengan pemukiman penduduk. Selama kurun waktu satu tahun ini di Desa Kalimas tidak pernah ada masyarakat yang kehilangan ternak sapi.

  • Dukungan Dinas terkait

Dalam Upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit ternak, peran bimbingan dan pengawasan berkala dari Dinas peternakan Kabupaten Pohuwato, termasuk kemudahan memperoleh bahan vaksin dan obat-obatan ternak selalu ada.

Dalam upaya meningkatkan kemampuan teknik beternak secara berkala bekerja sama dengan pendamping kelompok tani ternak.

 

 

About kalimas 132 Articles
NURKHOLISH ABDUH, S.Pd.I

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan