PROBLEMA PEMBANGUNAN EMBUNG

Kalimas, 12 Oktober 2017

Embung merupakan bangunan yang berfungsi menampung air hujan dimusim hujan, pembangunan embung ini cocok untuk ekosistem tadah hujan dan bermanfaat untuk mengairi sawah pada saat kemarau tiba. Tetapi sayangnya fungsi dan manfaat embung tidak dirasakan di desa Kalimas.

Di Desa Kalimas terdapat 7 embung yang tersebar di 2 dusun. Pembangunan embung ini mendapat bantuan dari pemerintah Provinsi, pemerintah Kabupaten, dan Dinas Pertanian. Sayangnya pembangunan embung-embung ini tidak dapat berfungsi dengan baik dimana 1 embung hanya dapat mengairi 2 hektare sawah, bahkan embung yang sementara dalam proses pembangunan ini diperkirakan hanya dapat mengairi 2 petak sawah saja.

Pembangunan embung yang tidak dapat dirasakan manfaatnya ini sangat di sayangkan oleh masyarakat terutama bagi petani yang menggarap sawah. Sementara ada bendungan yang bisa mengairi sawah bahkan bisa mencapai 20 hektare sawah yang diari tidak mendapat sentuhan dari pemerintah, baik pemerintah Provinsi, pemerintah Kabupaten maupun dinas-dinas yang terkait. Bendungan yang bisa mengairi puluhan hektare sawah hanyalah dari swdaya masyarakat.

Pembangunan embung di Desa Kalimas ini bukan untuk mensejahterakan dan memudahkan petani dalam hal pengairan sawah tetapi pembangunan ini merupakan ladang bagi para kontraktor atau oknum-oknum tertentu untuk meraup keuntungan pribadi.

About kalimas 132 Articles
NURKHOLISH ABDUH, S.Pd.I

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan