PENYELESAIAN KONFLIK DAN PENANGANAN KASUS PERTANAHAN

Persoalan tanah dewasa ini, menarik untuk di bicarakan mengingat bahwa tanah bagi masyarakat bukan hanya berfungsi sebagai tempat tinggal , sumber produksi atau pendapatan, akan tetapi juga mempunya fungsi sosial. Begitu pentingnya tanah bagi manusia di berbagai aspek dari manusia kalangan atas maupun manusia kalangan menengah kebawah. Persoalan tanah itu sendiri saat sekarang sudah banyak muncul di permukaan, ada yang diselesaikan berdasarkan hukum perdata dan juga hanya diselesaikan secara kekeluargaan.

Rabu,29 November 2017  pukul 12:00 siang, Telah Tejadi konflik pertanahan mengenai penyelesaian  batas batas tanah,di mana tanah tersebut milik kehutanan,dalam rapat tersebut di sakasikan oleh Segenap Anggota Polsek Taluditi,Kepala Desa Puncak Jaya (Wahidin),Bapak  Kades Kalimas (Nurkholish Abduh S.Pd.I) dan Tokoh Mayrakat dikantor desa Puncak Jaya .  menurut keterangan anggota BPD Puncak Jaya Jemi s. Bahwa Tanah tersebut Milik Kehutanan yang di Olah Oleh Bapak Jumangadi Dan bapak Inggo.

“mengenai masalah tanah yang di garap oleh Bapak Jumangadi dan Ka Inggo saat ini milik Kehutanan sudah di tentukan bahkan sudah di putuskan oleh dinas Kehutanan Pohuwato,”ujar BPD Puncak Jaya Jemi S.

Menurut Keterangan  bapak BPD Jemi s. mengenai permasalahan tanah tersebut Telah disaksikan dan juga diputuskan Oleh Dinas Kehutanan Pohuwatato sebulum masalah ini terjadi.

“Tanah Yang menjadi problema yang terjadi Panianggata Puncak Jaya saat ini adalah milik kehutanan,dimana tanah tersebut yang di garap oleh bapak  JUMANGADI  selaku Masyarakat Desa Kalimas dan Bapak INGGO Selaku Masyarakat Puncak Jaya,kedua pihak  ini saling tumpak Tindik  karena disebabkan oleh perebutan batas batas tanah,dimana tanah tersebut  telah disaksikan langsung oleh Dinas kehutanan dan telah diputuskan ketentuan batas batas Tanah pengukuran kemarin, namun saudara Bapak Jumangadi masih belum rela karena selama tanah yang menjadi buah tangan selama ini (keberatan) “ujar  Nurkholish abduh S.Pd.I

Diakhir penyelesaian masalah batas batas Tanah tersebut Dari Pihak Pihak Bersangkutan telah diberikan berbagai  keputusan telah di  alurkan oleh Kepala  Kepala Desa Dan Segenap Anggota Polisi Kecamatan Taluditi dengan membuat Surat Pernyataan secara Aman Dan Damai.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis: Abdul Razak Umar

 

 

 

 

 

About kalimas 132 Articles
NURKHOLISH ABDUH, S.Pd.I

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan