DAMPAK TRAINING OFF TRAINER ( TOT) TERHADAP MASYARAKAT MANDALA MEKAR

Pengunjung Perwakilan Pohuwato yang mengikuti TOT Desa Mandala Mekar Kec.Jati waras Kab. Tasikmalaya Yaitu bapak Leksi Rahman( kiri),Riski Golonggomo(kiri),sitti Khoiriyah (Kanan),Abdul Razak Umar (Kanan 2)

Pelatihan Pengelolaan Sistem informasi desa dan Kawasan merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh kementrian Kominfo yang bekejasama dengan  BP2Dk, Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Iinformasi (BAKTI) yang diikuti oleh peserta yang diwakili dari 18 Provinsi.

Kegiatan kali ini dilaksanakan pada desa Mandalamekar kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya pada tanggal 21-30 November 2018.

Pak Ayat salah satu warga yang memiliki Usaha yang menjadi tempat Pengunjung TOT Intraksi jual beli

Dengan diadakannya pelatihan SIDEKA ini memberikan dampak yang positif bagi masyarakat sekitarnya. Salah satunya dirasakan oleh bapak Ayat yang merupakan salah satu warga yang memiliki warung dan rumahnya terpilih menjadi sebagai rumah istirahat untuk peserta TOT ini. Menurutnya  ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar tempat tinggalnya dijadikan penginapan seperti harus memiliki Kamar mandi yang layak,air yang cukup dan kamar yang nyaman untuk ditempati.

Dengan rumahnya dijadikan peginapan bisa mencukupi kebutuhan sehari-harinya. Serta rumahnya yang memiliki warung memberikan hasil tersendiri untuk beliau khususnya dari segi ekonomi.

Selain dari segi ekonomi beliau juga merasakan ada dampak dari segi sosial budaya. Karena terjadi pertukaran informasi tentag budaya dari daerah lain. Contohnya seperti Bahasa, sikap, perilaku, dan kebiasaan.

Dengan adanya pelatihan ini bapak ayat mengharapkan kedepannya kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan semakin banyak peserta yang ikut, agar omset masyarakat semakin meningkat.

“ saya merasa sangat senang dengan adanya kegiatan ini, dan saya biasa mengenal lebih banyak lagi orang dari kabupaten lain dan menambah banyak teman serta wawasan saya. Dan saya harapkan semoga kedepannya lebih banyak lagi peserta sehingga omset masyarakjat sini semakin naik, agar tidak ada lagi masyarakat kami yang memilih kerja keluar kota karena didesa sendiri sudah memiliki penghasilan sendiri” ujarnya kepada kami.

About kalimas 132 Articles
NURKHOLISH ABDUH, S.Pd.I

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan