Lembaga Pengayom Masyarakat Peduli Kanker (LPMPK) Hadir di Desa Kalimas

Sambutan Bapak ARIF PAMUJI kepada Masyarakat Kalimas
Sambutan Bapak ARIF PAMUJI kepada Masyarakat Kalimas

Kalimas – Lembaga Pengayom Masyarakat Peduli Kanker (LPMPK) melakukan penyuluhan tentang kanker di Desa Kalimas,Yang dihadiri oleh pemerintah serta Masyarakat Desa Kalimas. Kalimas, (Selasa Desember 2018 )

Penyuluhan ini disampaikan kepada seluruh Masyarakat Desa Kalimas dan para Perangkat Desa Kalimas Oleh Bapak Arif Tarmuji  Beliau Menyampaikan Penyakit Kanker  menurut hasil survei beliau Provinsi Gorontalo terutama Kabupaten Pohuwato Kebanyakan Penyakit  Kanker yang dialami oleh kaum Perempuan Dan anak anak dini.

Bapak Arif Pamuji Selaku Pengayom Masyarakat Peduli Kanker

Bapak Tarmuji Selaku Pameteri  LPMPK, Beliau  Mengajarkan untuk melakukan skema sadar mendeteksi secara dini mengenai gejala kanker. Selesai penyuluhan, penyuluh mengadakan sesi tanya jawab kepada Masyarakat Kalimas.

“ Perlu kami sampaikan kepada bapak dan  ibu bahwa dari hasil survei yang saya laksanakan di rumah sakit yang ada di provinsi gorontalo dan kabupaten pohuwato penyakit Kanker  paling banyak di derita oleh kaum Permpuan Dan anak anak maka dari itu saya datang ke Desa Bapak dan ibu Guna memberikan sedikit ilmu untuk bisa kedepanya agar kita terutama kepada masyarkat kalimas bisa terhindar dari penyakit yang sangat Mematikan.”ujar Arif Tarmuji Dalam Sambutanya.

Menurut Kepala Sekolah, Cecep Ahmad Santosa, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa acara tersebut sangat penting karena tidak banyak yang tahu tentang apa dan bagaimana mengenai kanker.

Sementara itu, penyuluh dengan sederhana dan jelas dalam bahasa yang mudah dimengerti menjelaskan berbagai hal mengenai kanker. Pengertian kanker, faktor-faktor pemicu terjadinya kanker. Lalu Bagaimana mengenali dan mendeteksi dini gejala awal kanker.

Diakhir acara para peserta mendapat tips istimewa sederhana untuk mencegah kanker sejak dini diantaranya: Hati-hati menggunakan Alat pemasak Nasi khususnya yang tipe Cosmos dan tidak boleh  memasak Nasi  lebih dari 9 jam,Makanan Ringan atau Minuman yang Memiliki Pewarna Pengawet,Contoh Ale ale dan lain lain itu juga pelu dihindari karena mengandung Zat kimia yang bisa merusak organ tubuh.

“Saya sangat senang akan adanya sosialisasi dan penyuluhan ini, karena saya mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat tentang kanker. Ternyata mencegah lebih murah, oleh karena itu ,marilah kita peduli terhadap kesehatan kita,”ujar Mohamad Hadi Widayat Ishak selaku Kepala Dusun Purwosari

 

About kalimas 132 Articles
NURKHOLISH ABDUH, S.Pd.I

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan