Hiburan Rakyat Kuda Lumping di Desa Kalimas Memasuki Tahun 2019

Kebersamaan Kepala Desa Kalimas Nurkholis Abduh S.Pd.I Posisi Tiga Dari Kanan beserta Tokoh Tokoh Budaya Kuda Lumping Bapak Supriyadi Kanan Kedua,
Bapak Supriyadi Selaku Ketua Atau Pemimpin Budaya Kuda Lumping Desa Kalimas

Kalimas _Kini Hadir sebuah hiburan Kesenian Budaya Kuda Lumping di Lapang hijau Desa Kalimas ,Kesenian Kuda Lumping Dipertontonkan dan mendapat perhatian Masyarakat Sekecamatan Taluditi,yang dihadiri langsung oleh Kepala Desa Kalimas Nurkholish abduh S.Pd.I,Tokoh Tokoh Budaya yaitu Bapak Supriyadi dan juga di hadiri oleh tokoh tokoh budaya seni kuda lumping sekecematan Taluditi beserta Masyarakat sekecamatan Taluditi .Kalimas (04 Januari 2019 )

Kepala Desa Kalimas Mengucapkan Banyak Terimakasih Kepada Tokoh Tokoh budaya Kuda Lumping beserta masyarakat telah Berpartisispasi Melestarikan Budaya Kuda Lumping.

Bapak Nurkholish S.Pd.I Memberikan Sambutan sekaligus Membuka Acara Konser Kuda Lumping Desa Kalimas

“ Saya Atas Nama Pemerintah Desa Kalimas mengucapakan banyak terimakasih Kepada Tokoh Tokoh yang Masih Aktif dalam Melestarikan Budaya Kita yang ada di indonesia terutama kuda lumping dan terimakasih banyak buat masyarakat yang telah berpartisipasi dalam meramaikan budaya ini  yaitu Kuda Lumping semoga kedepanya kita lebih mencintai lagi salah satu budaya indonesia karena di luar indonesia hanya indonesialah yang penuh dengan berbagaimacam budaya tidak ada yang lain ”ujar Nurkholish Abduh S.Pd.I Selaku Kepala Desa Kalimas

Terlihat Para Pemain Alat alat Kuda Lumping sedang dimainkan.
Terlihat Masyarakat sedang serius menyaksikan Tarian Kuda Lumping

Kesenenian Budaya Kuda Lumping Yang dipimpin Oleh Bapak Supriadi selaku Tokoh Pemimpin Kesenian Budaya Kuda Lumping di Desa Kalimas,dan juga turut berpartisipasi para Pemimpin budaya Kudang Lumping yang ada di Kecamatan Taluditi yang turut berpartisipasi  dalam meramaikan budaya kuda lumping yaitu Perwakilan dari Desa Panca Karsa 2,pancakarsa 1 dan makarti jaya.

Kuda lumping merupakan kesenian rakyat Jawa. Kesenian ini menampilkan atraksi penunggang kuda kepang, dan penari dengan pakaian yang menyolok mata, dan indah dipandang.

Di dalam pelosok kawasan Kalimas, Taludti Gorontalo, kesenian rakyat ini masih sangat hidup. Banyak anak-anak, dan remaja yang ikut melestarikan kebudayaan rakyat ini.
Dalam kesenian itu, tampak beberapa orang dewasa dan anak-anak SMP tampil memainkan kuda lumping. Gerakan anak-anak itu tampak sangat luwes di lapangan.

Untuk memainkan kuda lumping, sedikitnya ada tiga bentuk tarian yang harus dia kuasai. Gerakan  bentuk tarian itu adalah tari buto lawas, tari senterewe, dan tari begon putri.

About kalimas 132 Articles
NURKHOLISH ABDUH, S.Pd.I

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan