23 POKTAN DESA KALIMAS KECAMATAN TALUDITI KEBAGIAN BENIH JAGUNG

Kelompok Petani Kalimas antusias mendatangi Kantor Desa Kalimas

KALIMAS Pemerintah Desa Kalimas Nurkholish Abduh, S.Pd.I  , didampingi Staf Ahli Dinas Pertanian Kabupaten Pohuwato, Sumarno, Babinsa Koramil Pohuwato Serka Rojikin, menyerahkan bantuan Benih Jagung kepada 23 kelompok tani (Poktan) yang berlokasi Desa Kalimas Kecamatan Taluditi. Kegiatan berlangsung di  Kantor Desa Kalimas, Sabtu  (28/8/2021).

Dalam kesempatannya, Sumarno mengatakan bahwa bantuan benih jagung merupakan salah satu langkah dan program Pemerintah Kab. Pohuwato  dalam pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

Babinsa Koramil Pohuwato dan Kepala Desa Kalimas dampingi Pendistribusian Benih Jagung ke Petani

“Terutama bagaimana pendapatan masyarakat bisa meningkat di tengah kondisi pandemi yang belum berakhir ini. Sehingga oleh Pemerintah Kabupaten Pohuwato Melalui Dinas Pertanian, meluncurkan banyak program untuk menanggulangi pengangguran dan kemiskinan di wilayah Desa Kalimas, salah satunya adalah bantuan bibit jagung ini,” kata Sumarno.

Ia mengharapkan bantuan yang diberikan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya terutama untuk meningkatkan pendapatan kelompok tani penerima bantuan yang tentunya berdampak positif pada peningkatan ekonomi.

“Kelompok tani diminta untuk memaksimalkan benih jagung menjadi sektor pendapatan yang efektif agar tujuan pemerintah untuk meningkatkan pendapatan petani bisa tercapai. Cara memaksimalkannya pertama dengan luas tanamnya, kedua produksi harus maksimal dan tentu harus dirawat dengan sebaik-baiknya agar produksi bisa maksimal,” ujarnya.

Sumarno menambahkan, pelaksanaan penyaluran bantuan benih berdasarkan petunjuk operasional kerja (POK) Kementrian Pertanian RI tahun 2021. Benih jagung yang diberikan adalah jenis NK 212 bagi 23 Poktan dengan luasan mencapai 582 hektare lahan pertanian.

“Pelaksanan penyaluran bantuan ini bertujuan untuk peningkatan indeks pertanaman benih jagung melalui penggunaan benih unggul bersertifikat,” kata Sumarno.

Staf Dinas Pertanian Sumarno bersama Poktan

 

 

 

Penulis : Abdul Razak Umar

About kalimas 132 Articles
NURKHOLISH ABDUH, S.Pd.I

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan